Workshop Batik Karawang salah satu Inovasi Dinkop dan UKM

Karawang – Pada tahun ini Bupati Karawang mencanangkan program “satu perangkat daerah, satu inovasi”. Beberapa kepala Perangkat Daerah telah dengan antusias memaparkan rencana inovasi program unggulan tersebut pada kegiatan Evaluasi Kinerja tahun 2018 lalu.  

Salah satu inovasinya Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang adalah menciptakan koperasi yang sehat  dan merintis kampung batik. Selaku pembina Usaha Kecil Menengah Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang memperkenalkan motif batik karawang, hal ini sebagai salah upaya melestarikan Budaya Karawang dengan menjadikan ikon-ikon khas karawang dalam motif batik.

Batik Karawang yang dibuat di workshop Putri Sangga Buana beralamat di Kalijati Telukjambe Barat Karawang ini merupakan binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang dan diberi label Batik Teh Celli.  

“Workshop Putri Sangga Buana membuka peluang kepada masyarakat maupun pensiunan PNS bila ada yang berminat belajar membatik, kami terbuka silakan, kalau sudah mahir ngebatiknya bisa di rumah masing-masing pelorodan dan pewarnaan dilakukan workshop. Kami juga sudah bekerjasama dengan konveksi untuk proses jahitnya”, ujar Elina, SE, MM Kepala Seksi Pengawasan, Pemeriksaan dan Penilaian Kesehatan pada Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang.

Proses pelorotan (perebusan/penggodokan) adalah kain batik di rebus hingga pada akhirnya lilin yang melekat di kain akan terangkat di permukaan air yang panas Setelah kain diangkat dari perebusan akan nampak 2 warna, yaitu warna dasar dari kain katun(putih), yang tadinya tertutup lilin dan warna dari hasil  proses pencelupan (pewarnaan).

Ada berbagai motif batik yang sangat menarik dan bervariasi diantaranya topeng banjet, padi, eceng gondok, karawaan, kawista, tumpal, sekar jagat, gendang, candi, mesjid agung, bedog dan lain-lain. Harganya sangat terjangkau tergantung dari proses pewarnaan pada saat produksi dan jenis bahan yan digunakan. Saat ini pemasaran masih dilakukan di galeri dan secara online.

“Motif batiknya sangat menarik dan bagus, program unggulan dan Invoasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang ini sangat tepat untuk pemberdayaan UMKM”, pungkas elina.(Admin)    

Komantari dengan Facebook